Determinan Tingkat Pendapatan UMKM di Kecamatan Umbulharjo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, A.W & Listysningrum, S.P. (2019). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Bantul.
Anthony, Robert N., Vijay Govindarajan. (2005). Sistem pengendalian manajemen. Edisi Sebelas. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Ardana, I Komang, Ni Wayan Mujiati, I Wayan Mudiartha Utama, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Baswir, R. (1997). Akuntansi Pemerintahan Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Devi, dkk (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan (Studi empiris pada UMKM di Kecamatan Buleleng).
Fikrianoor, K., Nugroho, A. D., Ganinda, F. P., & Hidayatulloh, A. (2021). Determinants of Student Interest to Become Entrepreneurs. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 11(2), 321–331. https://doi.org/10.22219/jrak.v11i2.17541
Fitriyani. (2017). Faktor-faktor penentu keberhasilan usaha di kalangan pedagang "Sunday Morning" UGM Yogyakarta.
Frima, Rini & Firman Surya. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja UMKM di Kota Padang. Vol 13 No.1 (2018): Akuntansi dan Manajemen.
Hartono dan Deny Dwi Hartomo. (2014) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 14, No. 1, 2014 : 15 - 30
Hindrayani, A. (2010). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Pohon Cahaya https://bps.co.id
Instruksi Presiden No. 15 Tahun 1974
Istinganah, Nur Fajar & Widiyanto. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha terhadap Perkembangan UKM. EEAJ 9 (2) (2020) 438-455
Kasmir, (2014). Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Lanan, Deran Florentina (2019). Pengaruh Modal Usaha, Daya Saing Dan Lokasi Usaha Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM Di Kelurahan Tlogomas Kecematan Lowokwaru Kota Malang.
Marfuah, Siti Turyani & Sri Hartiyah. (2019). Pengaruh modal sendiri, kredit usaha rakyat (KUR), teknologi, lama usaha, dan lokasi usaha terhadap pendapatan usaha (studi kasus pada UMKM di Kabupaten Wonosobo). Jurnal Akuntansi Vol 1 No 1 2019 Oktober
Maheswara, A.G.N.H, dkk ( 2016 ). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan UKM Sektor Perdagangan Di Kota Denpasar.
Meilinda, R. P., & Kurniawan, M. L. A. (2024). The role of social variables on growth in South of Sumatera: A dynamic panel data analysis. Journal of Socioeconomics and Development, 7(1), 68-76.
Munandar, W. A., & Hidayatulloh, A. (2019). Determinan Kebutuhan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 70. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3311
Munawaroh, Munjiati. (2013). Manajemen Operasi. Yogyakarta. LP3M UMY
Nainggolan, Romauli. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Sebagai Determinan Penghasilan UMKM Kota Surabaya.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Noviano, Hadi & Peliwati Dyah (2013). Pengaruh Modal Kerja, Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangan.
Pratiwi, S.B. (2019). Pengaruh Pinjaman Modal, Lokasi Usaha, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro.
Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga Vol. 5 No. 9, Juli 2012. STIE AMA Salatiga. 13-28 hal.
Rohmawati, Nining. (2021). Pengaruh Modal Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan UMKM Menurut Perspektif Ekonomi Islam.
Radiosunu (1987). “Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Analisis”, Edisi Kedua, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Rahayu Dwi (2020). Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Prima Terhadap Perkembangan Umkm (Studi Kasus pada Reparasi Sepeda Motor di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman) Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 9, Nomor 1, Tahun 2020.
Rahmatia, dkk. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Dan Lama Usaha Terhadap Laba Usaha Mikro Di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan, Volume 4, No.2, Tahun 2018.
Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogykarta: BPPE.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Safitri, Y., & Winarso, B. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–17. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15319
Sari, Y., & Hidayatulloh, A. (2019). Antecedents of the Utilization of Social Media and its Impact on Micro and Small Enterprises Performances. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 7(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/jpeb.007.2.3
Sidik S.S. Ilmiah. (2021). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikri Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Panjang Bantul.
Sidik, S.S. (2021). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan, Dan Teknologi Terhadap Pendapatan UMKM Di Kecamatan Panjang Bantul.
Suardana, dkk. (2020). Pengaruh penggunaan informasi akuntansi, modal usaha, lama usaha, dan lokasi usaha terhadap keberhasilan usaha mikro Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur
Sugiarto, R. M., & Iskandar, D. A. (2023). Technology Improvement and Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) on Regional Development in Special Region of Yogyakarta. Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 13(1), 1-13.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, Sadono, et al. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana.
Tarigan, R. (2006). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tulus T.H. Tambunan. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Utari, Tri & Ni Putu Martini Dewi. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Vol. 3, No 12, Desember 2014
UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
Vijaya, Diota Prameswari. (2017). Pengaruh modal psikologis, karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM di kecamatan Buleleng tahun 2017. Ekuitas Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Widyayanti, E.R & Insiatiningsih. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dengan Aplikasi Gojek Fitur Gofood Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kuliner Di Yogyakarta.
Wirawan, K.A & Purbadharmaja, I.B.P. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Reguler, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran Dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri Di Kota Denpasar.
Yasri, dan Bustari Muchtar. (2014). Strategi pemasaran dan pengaruhnya terhadap perkembangan usaha UMKM Makanan ringan di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13624459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Guntur G, Nugraheni Rintasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 3025-6704