Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen di Wuling Arista Bekasi

Jumawan J, Ade Ilham Prasetyo

Abstract


This study aims to analyze the impact of service quality, price, and facilities on customer satisfaction at Wuling Arista Bekasi. The automotive industry faces increasing competition, requiring each car dealer to attract customers through various strategies based on their offerings. Consumers generally desire faster and better car buying and selling services. Car dealers, including Wuling Arista Bekasi, must achieve customer satisfaction through various tactics to consistently provide high-quality services. The results of the study indicate that the three variables play an important role in shaping customer satisfaction. Most respondents are satisfied with the quality of service provided, consider the offered prices to be competitive, and appreciate the adequate facilities. However, there is an expectation for more promotions and facility improvements to further enhance customer satisfaction.


Keywords


Service Quality, Price, Facilities, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Addin, Q., Marchaban, M., & Sumarni, S. (2021). Analisis gap kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di instalasi farmasi rsu pku muhammadiyah delanggu menggunakan metode servqual. Majalah Farmaseutik, 17(2), 217-224.

Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengatuh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4).

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 165-181.

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Kariadi Semarang.

Ariatmaja, R. G. M. P., & Suprihhadi, H. (2019). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK VIVA HEALTH DI SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(11).

Baroroh, F. (2014). Evaluasi kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Pharmaciana, 4(2).

Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., & Nangaro, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 10(1), 14-25.

Dewi, P. T. (2019). Perspektif Konsumen terhadap Pemasaran Paket MICE pada Departemen Pemasaran Hotel Aston Madiun. Gadjah Mada Journal of Tourism Studies, 2(2), 100-114.

Gultom, R. Y. L., & Mardika, N. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan di Holland Bakery Batam. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Hartono, S. M. Pengaruh Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus pada Antavaya Tour and Travel Jakarta. Jurnal Nasional Pariwisata, 13(1), 20-30.

Hasanah, I. A. W., & Iriani, S. S. (2024). The Pengaruh Harga Tiket Tarif Khusus, Kualitas Layanan Petugas, dan Fasilitas Fisik Stasiun Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Kereta Api. Jurnal Ilmu Manajemen, 211-226.

Izzati, L., Rahayu, L. P., & Lisdiana, N. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOMESTAY PONDOK MERAPI SELO. EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 10(2), 165-174.

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140-147.

Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen pada swiss belhotel maleosan manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1-11.

Maria Agatha, W. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2).

Nababan, M. C., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 4(2), 6-16.

Prakoso, M. F. A., Hakimah, E. N., & Sardanto, R. (2021, September). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kedai Kopi Kembang Sore Di Pujon Malang. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 1021-1027).

Ratnasari, D., Misnaniarti, M., & Windusari, Y. (2020). Analisis kualitas layanan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mandiri di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu tahun 2019. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(2), 74.

Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Rizayanti, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Socolatte Di Pidie Jaya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Rochma, R. A. H. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi Secara Online Melalui Fitur Go-Food pada Kedai Kopi di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sakti, F. K., & Friantin, S. H. E. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Hotel Atina Graha Kota Surakarta). Servqual: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 45-53.

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Suparwi, H. M. (2015). Perlindungan Hukum terhadap Pelayanan Pasien di Puskesmas Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Serambi Hukum, 8(02), 23091.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa “Prinsip, Penerapan, dan Penelitian”, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Yunevy, E. F. T., & Haksama, S. (2013). Analisis kepuasan berdasarkan persepsi dan harapan pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1), 9-20.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12800599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jumawan J, Ade Ilham Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704