Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Wilayah Kota Surabaya

Waode Monica Pudyardana, Handy Aribowo

Abstract


This study aims to understand how brand image and brand trust influence purchasing decisions at the Shopee marketplace in the Surabaya city area. This study uses an associative quantitative research method, in which the authors conducted a survey by distributing questionnaires to Shopee users in Surabaya. Then, the validity and reliability of the data were assessed and analyzed using multiple linear regression methods. The number of samples in this study were 120 users, who were selected using accidental techniques. The results showed that brand image has a significant positive influence on purchasing decisions, with the t-test results showing a significance level of 0.040, which is smaller than the 0.05 significance level set. In addition, brand trust also has a significant influence on purchasing decisions, with the t test results showing a significance level of 0.000. Overall, all the variables studied have a positive and significant effect on purchasing decisions, with the F test results showing a significance level of 0.000.

Keywords


Brand Image; Brand Trust; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Amron. 2018. The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal 14(13):228-239.

Andriani, Deni. 2019. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bambang, A., & Heriyanto, M. 2017. Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova. Journal Of Management FISIP, 4(2), 1–11.

Budiarto, W., & Indrawati, M. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Manajerial Bisnis ISSN 2597 – 503X, 34–46.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hasnah. 2017. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Motor Merek Kawasaki Pada PT. Diana Indonesia Di Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hastoko, Yosafat Puji dan Wati, Widya Rahma, 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Burger King Trans Studio Mall Cibubur. Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia 2(1), 188-203.

Junita, Ade. 2020. Pengaruh Iklan, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada. Tesis Telah Diterbitkan. Batam: Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Putera Batam.

Kadafi B, M. 2017. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pompa Merek Grundfos Pada PT. Raja Indo Di Makassar. Tesis Telah Diterbitkan. Makassar: Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Keller, K. L & Swaminathan, V. 2020. Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. New York: Pearson.

Kotler dan Gary Amstrong, 2016. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid I Edisi Kesembilan, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. A Framework for Marketing Management, Sixth Edition, Global Edition. New York City: Pearson.

Mahendra, Hamdan Ananta Ihza dan Putri, Kartika Anggraeni Sudiono, 2022. Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang). Journal Of Business and Applied Management. 15(1), 19-34.

Nugroho, Novianto Eko, 2021. Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dipengaruhi Terpaan Iklan, Pemberian Potongan Harga Dan Citra Merek Pada Marketplace Shopee Dalam Kondisi Pandemic Covid 19, Jurnal Eksekutif (18):1-13.

Rahayu, S., & Harsono, M. 2017. Kepercayaan Merek dan Brand Affect Sebagai Anteseden dari Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi, XVIII, 9 - 22.

Rahmi, S., & Amalia, R. 2018. Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee.Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 75-84.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2016, Pendekatan Praktis Himpunan Jurnal Peneliti, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Setiadi, J. 2016. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta: Kencana Perdana.

Suhardi, D., & Irmayanti, I. 2019. Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. 3(1), 53-62.

Susanti, Rizki Aprilia Dwi. 2017. Brand Image Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Dan Menggunakan Produk Cream Wajah Garnier, Jurnal Eksekutif (14):120-135.

Tjiptono, F. 2020. Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.

Umar, husein. 2013. Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis EDISI, Ed. 2. Jakarta: Rajawali pers.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12707921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Waode Monica Pudyardana, Handy Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704