Pengaruh Kualitas Jasa dan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Kencana Medan

Azizah Hanum

Abstract


Dalam era globalisasi sekarang ini maka kondisi yang terjadi sudah jauh sekali berubah, masyarakat sudah tumbuh dalam dan berkembang dalam suasana yang begitu terbuka. Berbagai informasi bisa diperoleh dengan cepat, dan berbagai keputusan bisa dilakukan dengan mudah. Kondisi ini tidak terkecuali pada saat transaksi bisnis mengikutkan diperganakannya valuta asing sebagai alat pembayaran. Para manajer keuangan berusaha kuat dengan menerapkan bergbagai formula mampu menempatkan dan memperkirakan kestabilan valas secara konstan dalam suatu kurun waktu akuntansi. Penelitian dilakukan di                 PT. Kencana Medan adalah perusahaan yang begerak dibidang penjualan nilai tukar uang asing atau biasa disebut valas. PT. Kencana Medan menyediakan berbagai jenis mata uang. Sebagai perusahaan terkemuka, PT. Kencana Medan terletak di Jalan Asia No. 606 Medan. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa kualitas jasa dan pelayanan prima berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen. Itu dapat dilihat dari nilai thitung pada variabel kualitas jasa dan pelayanan prima lebih besar daripada ttabel. Variabel yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel pelayanan prima karena nilai koefisien regresinya lebih besar daripada variabel kualitas jasa. Berdasarkan hasil analisis di atas, diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (44,565>3,012) yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, variabel kualitas jasa dan pelayanan prima berpengaruh signifikan positif secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan konsumen. Dari nilai koefisien determinasi (R Square) diketahui bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel kualitas jasa, e-marketing dan pelayanan prima sebesar 0,543 atau 54,3% sedangkan sisanya sebesar 45,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.


Keywords


Kualitas Jasa, Pelayanan Prima, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS 19. Cetakan Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, Handi. 2008. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid Pertama. Jakarta. Penerbit: PT Prehalindo

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Maddy, Khairul. 2009, Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta ; Chama Digit.

Pratomo & Shaff, Akhsin. 2000. Pelayanan Prima. Bandung: Angkasa Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi-III. Yogyakarta: Andi

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta. Ekonesia




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10671729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azizah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704