Peningkatan Sikap Optimisme Anak Panti Asuhan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi di Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan sikap optimisme kelompok pada anak panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi, 2. Diperoleh peningkatan sikap optimism terhadap anak panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi melalaui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subyek penelitian adalah delapan anak panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi yang memiliki permasalahan sikap optimisme. Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan teknik simulasi (Variabel Bebas) dan sikap optimisme anak panti asuhan (Variabel Terikat). Hasil penelitian diketahui sikap optimisme anak panti asuhan Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi pada periode pra siklus memperoleh skor 16,1 (32%) kategori sangat kurang (SK). Pada siklus I mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 26 (52%) kategori cukup (C). Kemudian pada siklus II juga memgalami peningkatan dengan memperoleh skor 39 (78%) kategori baik (B). Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Aktivitas peneliti dalam memimpin kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 45 (45%) kategori kurang (K), pertemuan kedua memperoleh skor 54 (54%) kategori cukup (C), dan pertemuan ketiga memperoleh skor 65 (65%) kategori cukup (C). kemudian pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 69 (69%) kategori baik (B), lalu pada pertemuan kedua memperoleh skor 76 (76%) kategori baik (B), dan pada pertemuan ketiga memperoleh skor 86 (86%) kategori sangat baik (SB).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.
Ali, Mohammad dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Aziz, Abdul. 2010. Aktivasi Berpikir Positif. Yogjakarta: Kota Biru.
Cahyani, Erlina Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Optimisme Berpikir Tentang
Hanurawan, Fattah. 2012. Psikologi Sosial. (Suatu Pengantar). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Albert. 2009. Secret Of Positive Thinking. Jakarta: Abdika Press.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Perdana Media Group.
Prayitno dan Erman, Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP- UNP.
Purwoko, Budi dan Titin Indah Pratiwi. 2007. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press.
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Entrepise.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik, dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.
Salahuddin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sukmadinata, dkk. 2003. Materi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Mutiara.
Suryanto, Bondan Agus. 2008. Six Basic Energy. Jakarta: Bumi Aksara. Tambunan,
Email H. 2007. Kepribadian Seutuhnya. Bandung: Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.5281/10500635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tuti Alawiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 3025-6704