Pelatihan Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa

Maria Kristina Keron, Yunita Victoria Natal, Magdalena Harcici Hardiyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di kalangan siswa terkait kedisiplinan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan belajar adalah dengan menerapkan pelatihan self management. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empiris mengenai efektivitas pelatihan self management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMPK St. Yohanes Tilang yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian one group pre post test design. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dan program SPSS 16.00 for windows untuk mengukur uji beda pre test sebelum pemberian perlakuan dan post test sesudah pemberian perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum disiplin belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya berada pada kategori sedang. Pelatihan manajemen diri efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Keywords


Pelatihan Self Management; Disiplin Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Adam., Lianawati, A. 2021. Pengaruh Penggunaan Teknik Self-Management Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Surabaya. HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran. Vol. 38. No. 2. Hal. 69-78. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no2.a3937

Agustina, Anugrah. 2020. Penerapan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMA Negeri 26 Makasar. Skripsi Jurusan Psikologi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/25263/

Anija, W. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Efektivitas Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Kualitas Kerja Sebagai Variabel Intervening. JAMANE: Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi. Vol. 1. No. 1. Hal. 37-47. https://karya.brin.go.id/id/eprint/15249

Anjani, Wulan, S., Arumsari, C., & Imaddudin, A. 2020. Pelatihan Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Journal Of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research. Vol. 4. No. 1. Hal. 41-56. https://www.neliti.com/id/publications/436347/pelatihan-self-management-untuk-meningkatkan-disiplin-belajar-siswa

Amrizal, Aidy, S., Aspi., Alber, T, A. 2020. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal BEING : Bimbingan Dan Konseling. Vol. 4. No. 1. Hal. 77-86. http://dx.doi.org/10.36709/bening.v4i1.10492

Fatimah, A, N., Sujayati, W., & Yuliani, W. 2019. Efektivitas Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajaf Siswa SMA. FOKUS: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. Vol. 2. No.1. Hal. 24-29. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4173

Febrianti, Felia. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 2. No. 2. Hal. 667-677. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5737/4118

Fitri, Huliana., Darmiany., & Dewi, N, K. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Otentik Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 2 Karang Bayan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7. No. 2. Hal. 452-457. https://www.neliti.com/id/publications/435905/pengaruh-metode-pembelajaran-otentik-terhadap-hasil-belajar-ipa-kelas-v-sdn-2-ka

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryaning, M., & Kholisna, T. 2023. Efektivitas Pengelolaan Diri (Self Management) Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMK. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi. Vol. 3. No. 2. Hal. 46-58. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/2189/1969




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10510111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maria Kristina Keron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704