Strategi Peningkatan Tahfidz Al-Qur’an Siswa di MTS Ponpes Ainul Yaqin Batagak

Shela S, Anizar A, Puti Andam Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan  tahfidz .Penelitian ini dilakukan di MTsS Ponpes Ainul Yaqin Batagak. Dalam penelitian ini dijelaskaan tentang manfaat dan strategi peningkatan tahfidz di MTs Ponpes  Ainul Yaqin. Yang melakukan program ini adalah siswa MTs Ponpes Ainul Yaqin, yang mana  santri-santri tersebut baru memasuki dunia Pendidikan baru yang beralih dai SD ke MTs. Program ini dilakukan agar santri lebih mudah untuk menghafal Al-Qur’an,karna sebelumnya belum diterapkan strategi yang mudah untuk anak tersebut menghafal Al-Qur’an. Progran ini di bimbing oleh guru  yang sebelumnya di bimbing oleh anggota IHSAN (Ikatan Harmonis Santri Ainul Yaqin) atau biasa disebut dengan OSIM. Dengan ada nya pembimbing baru ini membuat santri semakin semnagat untuk melakukan program tahfidz ini, karna bisa menyetor setiap saatnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin santri Ponpes Ainul Yaqin setiap paginya sebelum dilakukannya kegiatan belajar mengajar. Dengan di bimbingnya kegiatan rutin ini oleh guru, hafalan santri mengalami peningkatan, yang mana santri lebih leluasa untuk menyetorkan hafalannya yang sebelumnya dilakuka kepada anggota IHSAN saja.

 


Keywords


Strategi, Peningkatan, Tahfidz

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2019). Pengembangan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Klaksikal Di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah. TAUJIH, 11(01),

Ahsin W Alhafidz, Bimbingan Praktis Menghapal Alquran, ( Jakarta : Bumi Aksara,

),

Baharuddin, Psikologi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2010)

Farid Wadji, “Tahfiz al-Qur’an dalam Kajian Ulum Al-Qur’an (Studi atas Berbagai Metode Tahfiz)”, Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, (Jakarta : Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2010),

Harahap, R. D., Samosir, F. D., Munawarah, K., Liyana, N., & Layli, R. (2022). Perkembangan Minat Tahfidz Al-Quran Di Smp It Baitul Quran Meurandeh Teungoh. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(9),

Hidayah, N. (2016). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1),

Ibrahim Anis, dkk., Al-Mu’jam Al-Wasit, (Mesir : Dar al-Ma’arif, 1392 H.),

Jesika, I., Ratnawati, R., & Oktori, A. R. (2022). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Alquran Pada Siswa Kelas IV-V di MIN 03 Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Juairiah. 2017. “Kegunaan Terjemah Qur’an Bagi Ummat Muslim”, Jurnal AlMu‘ashirah Vol.14, No.1,Januari2017, h. 31. 24 Ibid.

Nurul Hidayah. 2016. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Ta’alum, Vol. 04, No. 01, Juni 2016

Rahmah Johar dan Latifah Hanum. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Depublish ,Yogyakarta.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: PT Afabet, 2016.

Suryadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Rosda Karya, Bandung.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Jakarta.

Zahro, N. F. (2020). Strategi Pengembangan Tahfidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di MTs Perguruan Mu’alimat CukirJombang. QUDWATUNA, 3(1),




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10466606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shela S, Anizar A, Puti Andam Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704