Dinamika Pemasaran Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren

Moh. Soleh, Abdul Muin, Anis Zohriah

Abstract


Pemasaran jasa pendidikan telah menjadi unsur kunci dalam menjaga relevansi dan keberlanjutan lembaga-lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dinamika pemasaran jasa pendidikan di Pondok Pesantren, sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia. Dengan mengadopsi pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini menggali strategi pemasaran, tantangan, dan faktor-faktor pengaruh yang memengaruhi proses pemasaran di lingkungan Pondok Pesantren. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengelola, pendidik, dan peserta didik, observasi partisipatif, serta analisis dokumen terkait pemasaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pondok Pesantren mengadopsi beragam strategi pemasaran, termasuk pemanfaatan komunitas lokal dan pendekatan personal dalam promosi. Tantangan seperti perubahan tren pendidikan dan keterbatasan sumber daya menjadi faktor utama yang memengaruhi pemasaran di Pondok Pesantren. Kesimpulan penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang dinamika pemasaran jasa pendidikan di Pondok Pesantren. Implikasi praktisnya mencakup rekomendasi untuk pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif, dengan mempertimbangkan konteks unik Pondok Pesantren. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi penting dalam pemahaman pemasaran jasa pendidikan di lingkungan pendidikan Islam tradisional dan memotivasi penelitian lebih lanjut dalam konteks serupa.


Keywords


Dinamika Pemasaran, Jasa Pendidikan, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdullah Muqopie. 2023. “Dinamika Jasa Pendidikan Dan Pentingnya Pemasaran Jasa Pada Pendidikan.” Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (4): 107–16.

Afif Alfiyanto. 2020. “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10 (1): 53–62.

Alfath, Khairuddin. 2020. “Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro.” Al-Manar 9 (1): 125–64. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136.

Anwar, Fauzi. 2021. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Menjaring Siswa Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program Madrasah Bertaraf Internasional Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto.” Sirajuddin: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 1 (1): 102–19.

Apriani, Lili, Ruslan Abdul Gani, and Rasito Rasito. 2023. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Merangin.” Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2 (6): 1817–36. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.977.

Baharun, Hasan, Moh Tohet, Juhji Juhji, Siti Maryam Munjiat, Adi Wibowo, and Siti Zainab. 2021. “MODERNISASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN: Studi Tentang Pemanfaatan Sistem Aplikasi Pedatren Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pondok Pesantren.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 1. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7692.

Faizin, Imam. 2017. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.” Jurnal Madaniyah 7 (2): 261–83. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75.

Hambali, Muh., and M. Luthfi. 2017. “Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.” Journal of Management in Education ( JMIE ) 2 (1): 10–19.

Hamdi, Muhammad Mustafid. 2021. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Pondok Pesantren.” JIEM: Jurnal of Islamic Education and Manajemen 2 (1): 15–30.

Hasibuan, Syahrial, Iesyah Rodliyah, Sitti Zuhaerah Thalhah, Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, and Andi Aris Mattunruang S E. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM. Vol. 5. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/.

Karimah, Ummah. 2018. “Pondok Pesantren Dan Pendidikan : Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3 (1): 137. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137.

Labaso, Syahrial. 2019. “Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Yogyakarta.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05.

Lupiyoadi, Rambat. 2020. “Dinamika Bisnis Jasa Dan Pentingnya Pemasaran Jasa.” Veterinary Pathology 47 (2): 202–13.

Masrokan, Prim, Agus Eko Sujianto, Prim Masrokan, Agus Eko Sujianto, Universitas Islam, Negeri Sayyid, and Ali Rahmatullah. 2023. “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Mutu.” Buana Ilmu 8 (1): 130–45.

Masrur, Mohammad. 2017. “Figur Kyai Dan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 1 (2): 277.

Mustopa, Mustopa, Ahmad Hapidin, Jagad Rayana, Asep Deni Adnan Bumaeri, and Hisam Ahyani. 2021. “Eksistensi Model Perguruan Tinggi Di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang Dan Tantangannya Di Era 4.0).” Hikmah 18 (1): 81–90. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.92.

Nahar, Sabikhun. 2023. Manajemen Pemasaran Pondok Pesantren. Vol. 01. PT Arr Rad Pratama Anggota.

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by MA Dr. Hj. Meyniar Albina. 1st ed. Bandung: CV. Harfa Creative.

Sarifudin, Sarifudin, and Rahendra Maya. 2019. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu (Mat) Darul Fallah Bogor.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (02): 133. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.513.

Sopiali, Ade Ade, and Heru Heru Utomo. 2020. “Pengembangan Manajemen Pemasaran Jasa Di Pondok Pesantren.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 17 (1): 2020. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1106.

Sugiyanto, Nur Wahid, and Sedya Santosa. 2021. “Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Pesantren.” AN NUR: Jurnal Studi Islam 13 (1): 90–115. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.105.

Syarifah, Liah Siti. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter : Sebuah Kajian Ilmiah Dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) 04 (1): 1–21.

Syarifah, Liah Siti. 2021. “Bagaimana Pemasaran Jasa Pendidikan Mempengaruhi Pesantren: Efek Pada Aspek Mutu.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 9 (1): 34–42. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.38115.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10432861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Moh. Soleh, Abdul Muin, Anis Zohriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial

ISSN : 3025-6704